Budget Friendly Make Up Brush Set


Hai semuanya! Setelah kemaren udah ngomongin banyak soal make up, nah sekarang gue mau ngomongin soal brush alias kuas make up. Bukan sembarang kuas yang harga satu setnya dibawah 100ribu tapi ujung-ujungnya ke buang juga, tapi bukan juga kuas merek brand terkenal yang harganya selangit dan udah pasti kualitasnya sebanding sama harganya (ada harga, ada barang dong).

Hi everyone! After talking about lots of make up in the previous post, now I'm going to talk about make up brushes. Not some random brushes priced under IDR 100K that will be thrown away eventually (due the bad quality), but not a high end brand brushes with high price as well though surely the quality compares to the price.

Percaya nggak kalo gue beli kuas ini nggak sampe dari 200ribu?. 10 Kuas dengan total harga segitu, berarti kalo dibagi rata, tiap kuas harganya cuma 20ribu!. Mungkin kalian nggak tau merek Make Up For You ini, tapi kalo kalian liat website yang jual unbranded make up brush, pasti ada brush dari Make Up For You (MUFY), jenisnya macem-macem, dan harga setiap set-nya masih berkisar $10-$20, yah cukup murah lah karena kalo merek lain dengan harga segitu bisa jadi cuma dapet satu kuas doang!. MUFY ini adalah produk Cina, sebenernya sebagian besar kuas-kuas make up yang ada di produksinya di Cina juga. Jadi menurut gue sih wajar aja kalo kualitas kuasnya nggak beda jauh sama yang ber-merek sekalipun, bahkan nggak jarang keluar duplikat-duplikat dari kuas mahal merek terkenal dengan harga cuma $1-$5.

Can you believe that I got this brush set less than IDR 200K (around $15)?. With that amount of money for 10 brushes, equally each brush only cost around IDR 20k ($1-$2)!. Maybe you haven't heard about this Make Up For You (MUFY) brand, but it you ever see any website that sells unbranded make up brush, they must have MUFY brushes on their site with different kinds of brushes and the price for the brush set are between $10-$20, it's really cheap compared to other brands where you only get one brush for the exact same price!. MUFY is a brand from China, and actually most of make up brushes are produced in China as well. I think it makes sense if the quality of the brushes are not far from higher end brushes (since they know how to make it), and it's not rare either to see a bunch of dupes for the higher end brushes only cost between $1-$5.

Set kuas ini terdiri dari (urutan dari kanan ke kiri kalo dari foto):
  1. Mini Flat Top Kabuki Brush, karena ukurannya kecil gue suka pake buat contouring.
  2. Flat Top Kabuki Brush, gue suka banget kuas ini untuk pake foundation, kadang untuk buffing bedak juga.
  3. Flat Foundation Brush, kuas foundation standar yang paling jarang gue pake, karena kalo pake kuas ini ngeratain foundation rasanya lamaaa banget.
  4. Powder Brush, yang lebih sering gue pake untuk blush karena bentuknya yang lebih mirip sama blush brush dan bentuknya yang pipih bikin brush ini pas banget di pipi gue.
  5. Blending Brush, sering gue pake untuk blend eyeshadow atau untuk pake highlight biar nggak terlalu nampol warnanya.
  6. Concealer Brush, sesuai namanya emang untuk pake concealer, tapi karena jarang pake concealer, gue pake brush ini sebagai pengganti lip brush.
  7. Angled Eyeshadow Brush, biasa gue pake untuk eyeshadow base, dan pemakaian eyeshadow dibagian crease sama outer-v.
  8. Pencil Brush, untuk pake eyeshadow di bagian bawah mata, untuk detail eyeshadow, dan bisa juga untuk smudge eyeliner.
  9. Angled Eyeliner Brush, karena ukuran kuasnya yang lumayan tebel, gue lebih suka pake kuas ini untuk warnain alis ketimbang untuk eyeliner.
  10. Big Blending Brush, versi gede-nya dari blending brush cuma lebih kaku, dan bentuknya mirip sama Zoeva 110 Face Shape Brush. Gue suka pake kuas ini untuk blend concealer, contour sama highlight.
This brush set includes (in order from right to left from the picture):

  1. Mini Flat Top Kabuki Brush, this is such a tiny brush and I like to use it for contour.
  2. Flat Top Kabuki Brush, I like this brush to apply foundation, to buff it into the skin, sometimes I use it to buff powder too.
  3. Flat Foundation Brush, just a regular foundation brush which I rarely use because it takes forever to blend foundation with this brush.
  4. Powder Brush, which I mostly use for blush since it looks more like a blush brush and the tapered shape makes this brush fits perfectly on to the apples of my cheeks.
  5. Blending Brush, I use this to blend eyeshadow or to apply highlighter lightly.
  6. Concealer Brush, this brush is supposed to apply concealer, but since I don't use concealer a lot, I use this as a lip brush instead.
  7. Angled Eyeshadow Brush, to apply eyeshadow base and eyeshadow on the crease also on the outer-v of my lid.
  8. Pencil Brush, to apply eyeshadow on the lower lash line, for detailer, and to smudge eyeliner.
  9. Angled Eyeliner Brush, since it's thicker than most of angled eyeliner brush, I like to use this to fill in my eyebrow with powder.
  10. Big Blending Brush, it's a bigger version of the blending brush only it's more dense, and it looks similar to Zoeva 110 Face Shape Brush. I use this brush to blend concealer, contour and highlight.


Walaupun harganya murah, kualitas kuasnya nggak kalah loh sama yang mahal. Gue pernah bandingin hasil akhir pemakaian foundation dengan flat top kabuki brush sama kalo pake Real Technique Expert Face Brush, hasilnya nggak beda, sama-sama mulus, well blended, dan nggak meninggalkan streaks marks sama sekali. Flat foundation brush yang gue bilang paling jarang di pake aja, kadang-kadang masih gue pake untuk primer atau masker. Bulu-bulu kuasnya halus, dan karena dibuat dari synthetic hair, berarti kuas ini cocok untuk pemakaian produk jenis powder, liquid, bahkan cream sekalipun.

Even though it's cheap, the quality of these brushes are comparable to the pricey ones. I've tried to compare the finishes after applying foundation between the Flat Top Kabuki Brush and Real Technique's Expert Face Brush, the finishes are not different, both created a smooth finish and doesn't leave no streaks marks at all. Sometimes the flat foundation brush that I mentioned being rarely used, could be work with primer or mask as well. The hairs are soft and it's synthetic, which means this brushes can work well with powder, liquid, and also cream products.

Buat kalian yang mau belajar dandan tapi masih ragu mau beli kuas apa, gue saranin beli kuas kayak begini aja. Karena harganya murah, kualitasnya bagus, dan nggak akan mubazir juga karena semua kuas pasti kepake. Atau mungkin ada yang punya pendapat lain? Apa kalian lebih milih beli yang jelas mereknya sekalian untuk investasi jangka panjang, atau set kuas yang lebih ekonomis kayak yang gue punya? Kasih tau ya di komen! Terimakasih sudah baca :)

If you are just starting to learn how to put on make up and can't decide which brushes to get, I suggest you to get a set like these. Because it's affordable, with good quality, and it won't be wasted too since you'll be able to use all of them. Or maybe you have your own opinion? Do you prefer buying a higher end brushes as a long term investment, or a more economically friendly brushes like these? Let me know in the comment! Thanks for reading :)

Comments

  1. Wah ini dapetnya di mana? Pengen nyari brush set tapi bingung nyari harga yg budget-friendly :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dapet di seller yang ada d elevenia, di makeuptoolshop.com juga ada banyak pilihannya..

      Delete
  2. Hallo Mbak Sitha, dari dulu ngincer banget nih kuas MUFY ini di makeuptoolshop. Untuk kuas MUFY ini gampang rontok gak Mbak pas dicuci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mbak Linda :) Nggak rontok sama sekali kok mbak, aku udah cuci berkali-kali. Paling kalo udah sering dipake ada beberapa bulunya yang nongol sendiri gitu. Tapi nggak masalah kok, tinggal di gunting aja.

      Delete
  3. Mau nanya ini dari bulu hewan atau sintetis ya? Beliin buat ade tapi ragu ini bulu hewan apa bukan. Klo bulu hewan nah hewan apa tuh. Saya beliin yg blending set. Emang bagus tebal ya.

    ReplyDelete
  4. Mau nanya ini dari bulu hewan atau sintetis ya? Beliin buat ade tapi ragu ini bulu hewan apa bukan. Klo bulu hewan nah hewan apa tuh. Saya beliin yg blending set. Emang bagus tebal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bulunya sintetis.. Biasanya sih kalo yg brushnya beda2 warnanya itu sintetis. Kalo yang pake bulu hewan biasanya bulu kambing atau kuda poni. Brush yang punya saya ini bagus kok, tebal dan halus. Nggak kalah sama brush sintetis merk lain

      Delete
    2. sis mau tanya.. ini sis belinya di elevania harganya masih 100rb ya? btw kok d makeuptools udah gd yah sis :(

      Delete
    3. hai hani, aku dulu belinya nggak 100rb juga sih, nyaris 200rb itu pun setelah diskon. kalo di makeuptools aku juga kurang tau deh.. mungkin mereka nggak restok brush set yang ini lagi. coba deh kamu liat yang merk jessup atau sekelasnya. BH Cosmetics juga ada brush set yang harga 200ribuan bagus-bagus :)

      Delete
    4. Heeeyyyy bantu jawab ya.. Aku juga lagi nyari review ttg MUFY Brush, nemu blog ini, ternyata emang oke2 review nya, affordable tapi reliable *ciyeeh haha.. Aku lagi order juga sih kebetulan di @flameparadise coba aja cek ig nya.. Semoga membantu ya..

      Delete
    5. Heeeyyyy bantu jawab ya.. Aku juga lagi nyari review ttg MUFY Brush, nemu blog ini, ternyata emang oke2 review nya, affordable tapi reliable *ciyeeh haha.. Aku lagi order juga sih kebetulan di @flameparadise coba aja cek ig nya.. Semoga membantu ya..

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Hy semuanya aku jg baru aja beli yg kayak gini nih adanya di zalora hrganya 250rb...aku baru jg bljr make up hehe tp untung liat blog ni aku jd tau kegunaan brush dari make up for you.keterangannya sih dari bulu domba&pony...btw thx yah aku dpt ilmunya😊👍#masihbelajar

    ReplyDelete
  8. kak, setelah brush nya dipakai sekian lama, skrg jadi kasar gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai priscilla.. Sampe skrg brush nya masih oke oke aja kok.. Tetep lembut. Ngga jadi kasar. Emang punya kamu brush nya jadi kasar?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW : Mineral Botanica Loose Powder Foundation & Face Mist